Kamis, 06 September 2012

Teladan Pemimpin


Pada suatu siang yang terik, seorang pedagang dari Syam sedang kerepotan mengurusi barang bawaannya. Tiba – tiba ia melihat seorang pria bertubuh kekar dengan pakaian lusuh.

Orang itu segera dipanggilnya : ”Hai, kuli, kemari ! Bawakan barang ini ke kedai di seberang jalan itu !” Tanpa membantah sedikitpun, dengan patuh pria berpakaian lusuh itu mengangkut bungkusan berat dan besar itu ke kedai yang dituju.

Saat sedang menyeberang jalan, seseorang mengenali kuli tadi. Ia segera menyapa dengan hormat, ”Wahai, Amir, biarlah saya yang mengangkatnya” Si pedagang terperanjat seraya bertanya pada orang itu, ”Siapa dia?, mengapa seorang kuli kau panggil Amir?”. Ia menjawab, ”Tidak tahukah tuan, kalau orang itu adalah Gubernur kami?”

Dengan tubuh lemas seraya membungkuk – bungkuk, pedagang itu memohon maaf pada “kuli upahannya” yang ternyata adalah Salman Al Farisi seorang Gubernur.

”Ampunilah saya , Tuan. Sungguh saya tidak tahu. Tuan adalah Amir negeri Madain,” ucap si pedagang. ”Letakkan lah barang itu tuan, biarlah saya yang mengangkutnya sendiri.” Salman menggeleng, ”Tidak, pekerjaan ini sudah aku sanggupi, dan aku akan membawanya sampai ke kedai yang engkau maksudkan.”

Setelah sekujur badannya penuh dengan keringat, Salman menaruh barang bawaannya di kedai itu, ia lantas berkata, ”Kerja ini tidak ada hubungannya dengan kegubernuranku. Aku sudah menerima dengan rela perintahmu, untuk mengangkat barang ini kemari. Aku wajib melaksanakannya hingga selesai."

Pedagang itu hanya menggeleng. Ia tidak mengerti bagaimana seorang berpangkat tinggi bersedia disuruh sebagai kuli. Mengapa tidak ada pengawal atau tanda- tanda kebesaran yang menunjukkan kalau ia seorang Gubernur?

Ia barangkali belum tahu, bahwa begitulah seharusnya sikap seorang pemimpin. Tidak bersombong diri dengan kedudukannya, malah merendah di depan rakyatnya. Karena pada hakekatnya, ketinggian martabat pemimpin justru datang dari rakyat dan bawahannya,,

Pimpinlah kami dengan cinta........
Pimpinlah kami dengan rasa......
Pimpinlah kami dengan sayang........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar