Senin, 05 November 2018

Tips Rumah Tangga Bahagia

Ilustrasi
Suami istri pasti menginginkan memiliki rumah tangga yang harmonis. Rumah tangga yang harmonis bukan saja membahagiakan pasangan suami istri tapi juga anak-anak mereka.

Tapi memang, harus diakui, untuk mencapai rumah tangga yang harmonis itu tidak mudah, lantaran perbedaan pendapat sering memicu saling adu mulut dan emosi. Sebenarnya, pertikaian bisa dicegah dengan beberapa tips rumah tangga harmonis ini.

1.    Tidak merendahkan pasangan
Jangankan suami-istri, kepada sesama manusia pun kita tak boleh merendahkan. Tanpa sadar, terkadang kita sering mengkritik apa pun yang dilakukan oleh pasangan,   seolah tidak ada satu pun perilakunya yang benar.

Namun salah dalam menyampaikan sehingga pasangan merasa direndahkan dan berujung keributan. Oleh karena itu, hindari kebiasaan terlalu sering mengeluh yang berujung pada kritikan dan merendahkan pasangan. Meskipun ada yang perlu dikritik, sampaikan lah dengan lembut dan sopan.

2.    Tidak membanding-bandingkan dengan orang lain
Baik itu suami maupun istri sama-sama tidak suka dibandingkan dengan orang lain. Seringkali kita membicarakan kehebatan pasangan lain di hadapan pasangan tanpa sadar itu sangat melukai hatinya.

Kebiasaan ini memang sering terjadi karena kurang sempurnanya pasangan masing-masing. Manusia memang tidak ada yang sempurna tapi kita sering melupakannya. Terkadang suami maupun istri sering membandingkan misalnya saat sedang berjalan-jalan melihat pasangan lain yang mesra ataupun penampilan mereka sangat bagus dan stylish tetapi kita biasa-biasa.

Nah hal itu lah yang membuat pasangan suami istri sering cekcok. Terimalah pasangan anda.

3.    Tidak membuat keputusan tanpa berdiskusi dengan pasangan
Inilah yang sering terjadi dan kerap dianggap sepele. Selalu saja berpikir bahwa pasangan pasti menyetujui apa pun yang kita putuskan, padahal pasangan kita belum tentu setuju. Seperti jika membeli barang tanpa berdiskusi terlebih dulu. Memang ini hal yang sepele tetapi jika pasangan kita tidak setuju, akan menjadi masalah yang besar.

Keluarga Harmonis

4.    Tidak melawan
Tips harmonis dalam berumah tangga yaitu tidak melawan. Baik suami dan istri berusaha saling memahami dan belajar mengalah. Cobalah untuk bersabar dan bicarakan baik-baik, berdiskusi dengan kepala dingin. 

5.    Tidak berbohong
Berbohong merupakan sikap tidak terpuji yang dilarang. Kepercayaan merupakan hal penting yang membuat hubungan kekal. Oleh karena itu, jagalah kepercayaan pasangan agar tidak berbohong.

6.    Tidak mementingkan pekerjaan, teman dan hobi
Jangan terbiasa mendahulukan pekerjaan, teman atau hobi karena ini akan membuat pasangan kamu akan merasa dinomorduakan. Prioritaskan pasangan kita.

7.    Berbagi suka dan duka
Suami dan istri merupakan partner dalam kehidupan. Agar kasih sayang dapat terus tumbuh, suami dan istri harus saling membagi suka dan duka.
Jika salah satu merasakan senang maka kita juga harus ikut merasa senang, begitu pula sebaliknya.

8.    Setia
Tips agar rumah tangga tetap harmonis yaitu setia. Kesetian merupakan modal penting dalam hubungan agar tidak kandas di tengah jalan. Berusahalah untuk tetap setia pada pasangan kamu sampai ajal menjemput.

Sumber : Tempo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar