Rabu, 05 September 2012

Kerjakan Hal Yang Benar


Melakukan hal yang benar tidak datang begitu saja secara alami pada setiap kita. Seperti yang dikatakan oleh Presiden pertama Amerika Serikat George Washington, “Beberapa orang memiliki cukup keberuntungan untuk melawan penawaran yang tertinggi”, tetapi, itulah yang harus kita lakukan untuk mengembangkan jenis karakter yang akan menopang kita.

Tidak mudah untuk melakukan yang benar ketika hal yang salah itu dianggap wajar. Moliere berkomentar, “Semua orang sama saja ketika berjanji. Yang membedakan hanyalah tindakan mereka. Perbedaan dalam tindakan mereka sederhana saja: orang – orang yang berkarakter melakukan yang benar, apapun situasi yang terjadi”.
 
Salah satu cara yang telah saya coba untuk mengendalikan kecenderungan alami saya melakukan hal yang salah adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan pada diri sendiri (diambil dari pertanyaan pertanyaan yang ditulis oleh pakar etika DR Laura Nash) :
  1. Apakah saya menyembunyikan sesuatu ?
  2. Apakah saya menyakiti hati seseorang?
  3. Bagaimana keliatannya dari sudut pandang orang lain?
  4. Apakah saya telah mendiskusikan hal ini dengan bertatap muka?
  5. Apakah yang akan saya berikan kepada anak saya untuk dikerjakan?

Jika anda melakukan hal yang benar--- dan terus melakukannya --- meskipun perbuatan itu tidak membuat anda terus maju dengan bakat anda dalam jangka pendek, hal itu akan melindungi anda dan sangat bermanfaat bagi anda dalam jangka panjang. Karakter dapat membangun --- termasuk membangun anda. Atau seperti yang dikatakan DR. Dale Bronner, anggota dewan dalam EQUIQ, organisasi nirlaba saya, “kejujuran bukanlah sesuatu yang anda kerjakan; kejujuran adalah siapa anda”

“BERTEKADLAH UNTUK MELAKUKAN HAL YANG BENAR, WALAUPUN MENYAKITKAN”

___ TALENT IS NEVER ENOUGH__

Tidak ada komentar:

Posting Komentar