Rabu, 05 September 2012

Mengembangkan Kompetensi


Orang yang kompeten mengerjakan pekerjaan yang dapat ia lakukan dengan baik, sambil terus tekun berusaha dan mencari cara mana yang terbaik dan ia berhenti mengerjakan apa yang tidak dapat dilakukannya dengan baik. Apakah gambaran itu menggambarkan diri anda? Apakah anda memusatkan energy pada pekerjaan yang dapat dilakukan dengan baik sehingga anda menjadi orang yang sangat kompeten dibidang itu? Dapatkah sesama anggota team anda mengandalkan anda sedemikian rupa sehingga membawa kesuksesan pada team secara keseluruhan? Jika tidak, anda perlu berfokus dengan baik dan mengembangkan yang anda butuhkan sehingga anda dapat melakukan pekerjaan yang anda kerjakan dengan baik.

Berikut Tips-tips Untuk meningkatkan kompetensi anda:

  • Fokuskan diri anda secara lebih professional. Sangat sulit untuk mengembangkan kompetensi jika anda ingin mengerjakan segala sesuatu. Pilihlah bidang yang menjadi spesialisasi anda. Bidang apa yang dapat menarik ketrampilan, minat,dan peluang anda? Apapun itu pilihlah.
  •  Perhatikan semua detail . terlalu banyak orang yang tidak menekuni pekerjaan mereka sampai batas kemampuan mereka untuk melakukan hal itu, anda harus mengembangkan kemampuan untuk meyakini bahwa semua langkah detail sudah benar. Bukan berarti anda harus menjadi manager mikro atau orang yang sangat suka mengawasi segalanya. Maksudnya, anda harus mengerjakan 10 % terakhir dari pekerjaan yang sedang anda kerjakan. Lakukan hal itu pada proyek atau tugas besar berikut yang menjadi tanggung jawab anda.
  • Berikan lebih banyak perhatian pada implementasi. Karena implementasi sering menjadi bagian paling sulit dari semua pekerjaan, berikan perhatian yang lebih besar. Bagaimana anda dapat menjembatani kesenjangan antara ide-ide yang muncul dan menempatkannya secara praktis di dalam praktik. Kumpulkan anggota team anda dan diskusikan bagaimana anda dapat meningkatkan proses.


___ THE 17 Essential Qualities of a Team Player__


Tidak ada komentar:

Posting Komentar